Terjemah Tajwid Tuhfatul Athfal

Diposting pada

Terjemah Tajwid Tuhfatul Athfal – Nama lengkapnya Sulaiman bin Husain bin Muhammad bin Syalabi Al-Jamzuri yang dikenal dengan julukan Al-Afandi. Nama Al-Jamzuri dikaitkan dengan Jamzur yang merupakan tempat di dekat Thandata yang sekarang disebut Thanta yang berjarak 4 mil. Jamzur adalah tempat ayahnya memasuki distrik Al-Manufiyah di Mesir. Al-Jamzuri adalah salah seorang ulama abad ke-12 Hijriah. Ia lahir pada bulan Rabiul Awal tahun 1100-an Hijriah.

Terjemah Tajwid Tuhfatul Athfal

 

 

Para guru Al-Jamzuri

Semua guru Al-Jamzuri adalah ulama mazhab Syafi’i. Ia belajar dengan banyak ulama, yang paling terkenal adalah:

Syekh Nuruddin Ali bin Umar bin Hamad bin Umar bin Naji bin Funaisy dikenal sebagai Al-Mihi. Ia lulus dari Universitas Al-Azhar, kemudian pindah ke Thandata (sekarang Thantha) dan mengajar qiraah dan tajwid di sini. Al-Jamzuri belajar tajwid darinya.

Syekh Mujahid Al-Ahmadi. Namanya Muhammad Abun Naja yang populer dengan sebutan Sayyidi Mujahid. Dia adalah seorang ulama abad ke-12 Hijriah dan merupakan salah satu guru awal Ma’had Al-Ahmadi Al-Azhar. Dialah yang menjuluki Al-Jamzuri Al-Afandi – kata “Afandi” berasal dari bahasa Turki – dengan tujuan memuliakan murid ini.

 

Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid ditinjau dari ilmu Qiraah adalah menghilangkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifatnya. Jadi ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari bagaimana membunyikan atau melafalkan huruf-huruf yang terdapat di dalam kitab suci Al-Qur’an atau tidak dengan cara menyampaikan dengan sebaik-baiknya dan sempurna dari setiap bacaan ayat-ayat Al-Qur’an.

Masalah yang diangkat dalam ilmu tajwid adalah huruf makharijul (keluar masuknya huruf), huruf shifatul (cara mengucapkan huruf), huruf ahkamul (hubungan antar huruf), ahkamul maddi wal qasr (ucapan panjang dan pendek), ahkamul waqaf wal ibtida’ (mulai dan berhenti membaca), dan seterusnya.

Download Terjemah Tajwid Tuhfatul Athfal

Tinggalkan Balasan