Terjemah Kitab Tijan Addaruri Bahasa Indonesia Pdf

Diposting pada
Terjemah Kitab Tijan Addaruri Bahasa Indonesia Pdf – Setiap muslim diwajibkan mengetahui sifat wajib 20 bagi Allah, sifat 20 mustahil bagi Allah dan 1 sifat mumkin bagi Allah s.w.t. Sebagian besar umat Islam mengetahui sifat-sifat Allah SWT. Seperti yang telah banyak ditulis dalam buku-buku klasik atau yang ditulis oleh tokoh-tokoh Muslim kontemporer.

Pengarang Kitab Tijan Addaruri

Salah satu kitab klasik yang membahas masalah tauhid ini adalah Tijan adDaruri yang ditulis oleh Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani atau lebih populer dengan sebutan Syekh Nawawi al-Bantani.
Buku ini merupakan tafsir atas risalah tauhid yang ditulis oleh Syekh Ibrahim bin Muhammad al-Bajuri, seorang ulama Al-Azhar, Mesir, atau dikenal dengan Risalah al-Bajuri.
terjemah tijan addaruri
Dalam kitab ini (Tijan ad-Daruri–Ed), dijelaskan 20 sifat-sifat Allah, termasuk 20 sifat yang tidak mungkin dimiliki Allah, yang merupakan kebalikan dari sifat-sifat wajib.
Selain 20 sifat yang wajib dan mustahil bagi Allah, para ulama juga menyebutkan satu lagi sifat yang mungkin bagi Allah, yaitu sifat jaiz. Dengan sifat jaiz ini, semuanya tergantung pada Allah, apakah akan menciptakan sesuatu atau tidak.
Baca juga: Terjemah Kitab Ummul Barahin Pdf
Sedangkan menurut Syekh Bajuri sebagaimana dijelaskan Syekh Nawawi, sifat-sifat Allah ini wajib diketahui oleh setiap mukallaf (Muslim dewasa yang telah dibebani hukum atau perintah).
Banyak ulama juga mendorong setiap Muslim untuk mengetahui sifat Allah ini. Dalam berbagai keterangan disebutkan, ”Man ‘Arafa nafsahu faqad’ Arafa Rabbahu.’ (Barang siapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya).
Selanjutnya dalam buku ini dijelaskan pembagian dari 20 sifat tersebut. Ke-20 sifat tersebut dibagi menjadi empat bagian. Pertama, sifat nafsiyah. Kedua, Salabiah. Ketiga Ma’ani dan Keempat Ma’nawiyah.
Silahkan download kitab tijan addaruri lengkap terjemah bahasa indonesia.
Nama kitab: Terjemah Matan Kitab Tijan Darari / Tiijaan Al Daraari (Matan Al-Bajuriyah)
Judul asal: تيجان الدراري في التوحيد (Tijan Ad-Darari fit Tauhid)
Penulis: Ibrahim Al-Bajuri (1189 – 1276 H)
Penerjemah:
Bidang studi: Ilmu Tauhid Ahlussunnah Wal Jamaah (Asy’ariyah)

Tinggalkan Balasan