Terjemah Fathul Qorib Fasal Yang Mewajibkan Mandi

Diposting pada

Terjemah Fathul Qorib Fasal Yang Mewajibkan Mandi – Dalam kitab fathul qorib, penulis atau mushanif menjelaskan hal yang mewajibkan mandi besar. Ada 6 penyebab seseorang melakukan mandi besar. Pertama, berhubungan badan. Kedua, keluar sperma. Ketiga, meninggal dunia. Keempat, haid. Kelima, nifas. Keenam, melahirkan. Berikut adalah penjelasan lengkap nya.

Terjemah Fathul Qorib Fasal Yang Mewajibkan Mandi

Terjemah Fathul Qorib Fasal Yang Mewajibkan Mandi - Dalam kitab fathul qorib, penulis atau mushanif menjelaskan hal yang mewajibkan mandi besar. Ada 6 penyebab seseorang melakukan mandi besar. Pertama, berhubungan badan. Kedua, keluar sperma.

Mandi secara etimologi adalah mengalirkan air pada sesuatu . Sedangkan mandi menurut terminologi syar’i adalah mengalirkan air ke seluruh badan dengan niat tertentu.

Perkara atau hal-hal yang mewajibkan mandi semuanya ada 6. Tiga di antaranya dialami oleh laki-laki dan perempuan.

Pertama, bertemunya dua alat kelamin. Yaitu memasukkan kepala zakar atau kadar dari orang yang terpotong kepala zakarnya ke dalam farji. Dan orang yang dimasuki menjadi junub dengan sebab itu. Sedangkan orang yang mati tidak harus mengulangi mandinya dengan sebab disetubuhi.

Kedua, keluar air mani. Keluar sperma meskipun sedikit seperti setetes dan berwarna darah baik dengan persetubuhan ataupun tidak, saat terjaga maupun tidur, dengan syahwat ataupun tidak, dari saluran yang biasa atau selainnya, seperti pecahnya tulang punggung lalu mengeluarkan air mani.

Ketuga, kematian kecuali mati syahid.

Terjemah Fathul Qorib Fasal Yang Mewajibkan Mandi - Dalam kitab fathul qorib, penulis atau mushanif menjelaskan hal yang mewajibkan mandi besar. Ada 6 penyebab seseorang melakukan mandi besar. Pertama, berhubungan badan. Kedua, keluar sperma.

Yang tiga berikutnya hanya oleh perempuan saja. Pertama, menstruasi. Menstruasi adalah darah yang keluar dari seorang perempuan yang telah mencapai usia 9 tahun (Baca lebih lengkap >> pengertian haid menurut islam). kedua, nifas. Nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan. Ketiga. melahirkan.

Tanya jawab seputar hal yang mewajibkan mandi besar

Apa dalil mandi besar

Adalah surah Albaqarah ayat 222:
Artinya: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri”.

Dan hadits Bukhari Muslim, Artinya: seseorang duduk diantara tangan dan kaki istrinya, kemudian berusaha keras (berhubungan badan) maka wajib mandi.

Hadits Muslim, Artinya: “Wajib yang menggunakan air yang mensucikan itu dari keluarnya sperma.”

Baca juga:  Download Terjemah Kitab Jazariyah Lengkap Bahasa Indonesia Pdf
Apa maksud dari Iltiqo Khitanain?

Adalah sinonim dari kata Jima yaitu ungkapan mengenai masuknya kepala zakar atau kadar ke dalam Farji.

Kenapa yang menjadi acuan adalah memasukkan kepala zakar?

Karena berdasarkan hadist yang artinya: Apabila terjadi pertemuan dua alat khitan maka wajib mandi . Hadis riwayat Muslim.
Pertemuan dua alat hutan yaitu bukan hanya berkumpul tapi harus sejajar. Dan hal itu hanya bisa terjadi dengan memasukkan seluruh kepala zakar. Hasyiah Syarwani

Apakah memasukkan zakar pada zakar lagi mewajibkan mandi?

Ya, mewajibkan mandi bagi kedua laki-laki tsb! Fathul Habib

Kenapa tidak harus mengulangi memandikan mayat yang disetubuhi?

Karena terputusnya pembebanan atau taqlif hukum padanya. Kitab asnal mathalib

Apa saja ciri-ciri dari air mani?

Sperma memiliki tiga ciri yang membedakannya dengan madzi dan Wadi.
Pertama, baunya seperti adonan roti ketika basah dan seperti putih telur ketika telah mengering.
Kedua, keluarnya menyembur.
Ketiga, keluarnya terasa enak serta berlanjut lemahnya zakar dan hilangnya syahwat. Kifayatul Akhyar.

Kenapa keluar darah haid mewajibkan mandi?

Karena berdasarkan firman Allah Subhanahu wa ta’ala surah Albaqarah ayat 222. Dan hadis nabi dan hadis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Abu Daud yang artinya: “Apabila datang darah haid, tinggalkanlah shalat dan jika telah berlalu, maka mandi dan shalat lah.

Kenapa keluar darah nifas wajib mandi?

Karena darah nifas merupakan darah haid yang terkumpul. Tuhfatul Habib.

Kenapa melahirkan mewajibkan mandi

Ada dua alasan yang pertama karena kelahiran mengasumsikan keluarnya darah, dan kedua karena anak merupakan sperma yang menggumpal. Kifayatul Akhyar.

Tinggalkan Balasan