Terjemah Fathul Qorib Fasal Shalat Sunnah

Diposting pada

Masih menjelaskan tentang shalat. Kali ini mushanif beralih membahas macam shalat sunnah. Berikutnya akan membahas tentang jumlah rakaat shalat dalam sehari semalam. Shalat sunnah itu terbagi menjadi dua. Ada yang muakad dan goer muakad. Berikut adalah penjelasan tentang terjemah fathul qorib fasal shalat sunnah.

Terjemah fathul qorib fasal shalat sunnah

macam macam sholat sunnah

Shalat sunah ada 5. Yaitu, shalat hari raya idul fitri dan idul adha, shalat gerhana matahari dan gerhana bulan, dan shalat istisqa (meminta hujan).

jumlah rakaat sholat sunnah

Shalat sunah yang mengikuti shalat fardhu namanya shalat sunnah rawatib, ada 17 rakaat, yaitu, 2 rakaat shalat fajar, 4 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat setelahnya, 4 rakaat sebelum asar, 2 rakaat setelah maghrib, 3 rakaat setelah isya yang berwitir satu rakaat diantaranya.

Satu rakaat merupakan minimal shalat witir, dan maksimal 11 rakaat. Waktunya antara shalat isya dan terbitnya fajar, apabila ia shalat witir sebelum shalat isya secara sengaja atau lupa, maka tidak sah.

Shalat rawatib yang muakad ada 10 rakaat. Yaitu, 2 rakaat sebelum subuh, 2 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat setelah dzuhur, 2 rakaat setelah maghrib, dan 2 rakaat setelah isya”.

Tiga shalat sunah muakad, yaitu: Pertama, shalat malam, shalat sunah mutlak yang waktu pelaksanaannya pada malam hari lebih utama daripada siang hari, dan shalat sunah saat pertengahan malam lebih utama, namun pada akhir malam yang paling utama, hal ini berlaku bagi orang yang membagi waktu malam menjadi tiga.

Kedua, shalat dhuha, minimalnya 2 rakaat dan maksimalnya 12 rakaat, (baca juga: tata cara sholat dhuha)

sholat sunnah tarawih

Waktunya mulai meningginya matahari hingga tergelincirnya hari. Sebagaimana yang telah Imam an-Nawawi dalam kitab at-Tahqiq dan Syarh al- Muhadzab. Ketiga, shalat tarawih, yaitu 20 rakaat dengan 10 kali salam pada setiap malam bulan ramadhan, dan jumlahnya 5 kali istirahat. Pada setiap dua rakaatnya, seseorang niat sunah tarawih atau sunah mendirikan ramadhan. Dan jika melakukan tarawih 4 rakaat dengan satu kali salam, maka tidak sah. Waktunya antara shalat isya dan terbitnya fajar.

Baca juga:  Terjemah Fathul Qorib - Muqodimmah

Tanya jawab seputar fasal shalat sunnah

Apa hukumnya shalat dua rakaat sebelum shalat maghrib

Hukumnya sunah menurut Imam An Nawawi.

Shalat witir yang pelaksanaan nya sebelum shalat isya tidak dianggap witir, namun
apakah dianggap sunah mutlak?

Tidak dianggap shalat apapun kecuali ketika lupa, maka dianggap shalat sunah.

Apa itu shalat malam?

Shalat malam adalah sholat tahajud, yaitu shalat yang pelaksanaanya setelah shalat isya serta setelah tidur, baik shalat sunah atau shalat fardlu.

Bolehkah menyambung seluruh rokaat shalat dhuha dengan satu kali salam?

Boleh, namun yang sunnah ialah salam setiap 2 rakaat.

Kenapa shalat tarawih 4 rokaat dengan 1 kali salam tidak sah?

Karena shalat tarawih menyerupai shalat fardhu, sebab sunnah jama’ah, maka tidak boleh menyalahi ajaran dari oleh Nabi, yaitu salam setiap dua rakaat.

Tinggalkan Balasan