Terjemah Fathul Qorib Fasal Pakaian

Diposting pada

Dalam kitab fathul qorib, Mushanif menulis fasal tentang pakaian. Dalam fasal tersebut beliau menjelaskan jenis pakaian yang boleh dikenakan oleh kaum laki-laki dan perempuan. Maka dari itu, berikut adalah terjemah fathul qorib fasal pakaian.

Terjemah Fathul Qorib Fasal Pakaian

terjemah fathul qorib fasal pakaian

FASAL : Menjelaskan tentang hukumnya (memakai) pakaian.

Haram hukumnya bagi kaum laki-laki, memakai kain sutera dan memakai cincin emas, dan (juga) memakai quzzi (salah satu jenis sutera) dalam kondisi ikhtiyar (longgar).

Dan demikian pula haram hukumnya menggunakan hal-hal yang tersebut untuk alas (seperti tikar dan seperai) dan lain sebagainya dari beberapa cara (model) penggunaan yang lain.

Dan halal bagi laki-laki memakai (pakaian tersebut) karena darurat, seperti udara panas dan dingin (sekali) yang kedua-duanya dapat mengancam (kesehatan).

Halal bagi kaum wanita, memakai kain sutera dan menggunakannya sebagai alas (seperai atau tikar). Dan halal/boleh bagi seorang wali, membuat pakaian yang terbuat dari sutera buat anak yang belum berumur 7 tahun dan sesudahnya (sebelum berumur baligh).

Kadar sedikit dan banyaknya memakai emas, sama saja dalam hal keharamnya.

Dan ketika sebagian (bahan) pakaian berupa sutera ibraisim, dan sebagian lain berupa kapas atau katun, maka boleh bagi kaum laki-laki untuk memakainya.

(Demikian itu) selama kadar suteranya tidak mengalahkan pada (bahan) yang lain (kadar suteranya lebih sedikit daripada kadar katun atau kapasnya).

Maka (dengan demikian), jika (bahan) yang terdiri dari selain sutera tadi bisa mengalahkan (kadarnya lebih banyak), maka hukumnya halal memakainya.

Demikian juga jika kadarnya antara dua bahan tersebut sama, maka hukumnya halal pula memakainya, menurut pendapat yang lebih shahih.

Hukum menggunakan cincin emas dan perak

Laki laki haram menggunakan cincin emas, sedangkan cincin perak hukumnya sunnah, asalkan -menurut ‘urf- baik kadar maupun jumlah cincin yang tidak berlebihan sesuai lazimnya orang yang setingkat dirinya.

Baca juga:  Terjemah Fathul Qorib Fasal Syarat Sah Shalat

Menggunakan cincin lebih utama pada jari kelingking kanan.

Yang menjadi patokan ukuran sedikit dan banyak dari kedua bahan sutera adalah timbangannya. Bukan yang paling nampak kelihatan atau yang terenyam di bagian atas.

Tinggalkan Balasan