Terjemah Fathul Qorib Fasal Mukhabarah

Diposting pada

Dalam kitab fathul qorib, mushannif akan menjelaskan tentang akad mukhabarah yaitu kerjasama antara pemilik lahan dan amil atau petani. Dan dalam fasal ini juga mushannif menjelaskan hukum mukhabarah dan aturannya. Berikut adalah terjemah fathul qorib fasal mukhabarah.

Terjemah Fathul Qorib Fasal Mukhabarah

Terjemah Fathul Qorib Fasal Mukhabarah

Pengertian Mukhabarah adalah kerjasama pekerja (amîl) dengan pemilik tanah untuk bercocok tanam dengan sistem bagi hasil dari yang dihasilkan dan benih dari amil (pekerja).

Ketika seseorang memberikan tanah untuk dicocok tanami pada oran lain dan ia menyaratkan untuknya bagian yang diketahui dari hasil panen, hukumnya tidak boleh.

Menurut imam nawawi mengikuti imam ibn Mundzir, Mukhabarah hukumnya boleh begitula pula muzara’ah, yakni kontrak kerjasama sebagaimana Mukhabarah, hanya saja benih berasal dari pihak pemilik tanah. Jika seseorang menyewakan tanahnya dengan emas atau perak, atau menyaratkan makanan yang diketahui dalam tanggungannya, maka hukumnya boleh.

Baca juga: pengertian musaqah

 عن ابن عمر أن النبي ﷺ عامل خيبر بشطر ما يخرج منها من ثمر أو زرع. (البخاري)

Artrinya: Dari Ibn Umar sesungguhnya Nabi saw. memperkerjakan penduduk Khaibar dengan upah berupa buah dan tanaman yang dihasilkan. (HR. Albukhari).

عن عمرو بن دينار قال: قلت لطاؤس يا أبا عبد الرحمن لو تركت المخابرة فإنهم يزعمون أن النبي ﷺ نقى عنها فقال: يا عمرو أخبرني أعلمهم ابن عباس أنه لم ينه عنها ولكن قال: لأن يمنح أحدكم أخاه خير له من أن يأخذ عليها خرجا معلوما. (رواه مسلم)

Artinya: Dari Amr bin Dinar, ia mengatakan, aku berkata kepada Thawus, wahai Abu mengira bahwa Nabi saw. melarangnya. Lalu Thawus berkata, wahai Amr, orang Abdurrahman, sebaiknya kau tinggalkan akad mukhabarah, sebab para sahabat yang lebih alim dari mereka, yaitu Ibn Abbas memberitahuku, bahwa Nabi tidak satu kalian memberikan (pinjaman) tanah kepada saudaramu, akan lebih baik melarang mukhabarah, melainkan beliau hanya mengatakan, seandainya salah dari pada menarik upeti tertentu kepadanya. (HR. Muslim).

نھی النبی ﷺ عن المخابرة. (رواه البخاري)

Artinya: Nabi saw. melarang mukhabarah. (HR. Albukhari).

أن رسول اللہ ﷺ نهى عن المزارعة وأمر بالمؤاجرة وقال لا بأس بها. (رواه مسلم)

Artinya: Sesungguhnya Rasulullah saw. melarang muzara’ah dan memerintahkan ijarah, dan bersabada, tidak ada masalah dengan ijarah. (HR. Muslim).

Kenapa akad mukhabarah tidak diperbolehkan?

Jawaban: Karena kemanfaatan bumi masih bisa dihasilkan dengan cara ijarah, sehingga tida poleh mempekerjakan dengan imbalan sebagian dari hasil bumi.

Tinggalkan Balasan