Terjemah Fathul Qorib Fasal Macam Mandi Sunnah

Diposting pada

Terjemah Fathul Qorib Fasal Macam Mandi Sunnah – Syekh Abu Syuja menjelaskan dalam kitabnya fathul qorib mengenai macam-macam mandi sunnah yang jumlahnya ada 17. Sebenarnya masih ada lagi macam mandi sunnah yang tidak beliau tulis. Maka dari itu berikut adalah penjelasannya.

Terjemah Fathul Qorib Fasal Macam Mandi Sunnah

Terjemah Fathul Qorib Fasal Macam Mandi Sunnah

Mandi sunnah ada 17 macam. Yaitu mandi shalat jumat bagi yang menghadirinya. Waktunya mulai terbit Fajar Shadiq. Mandi sholat Idul Fitri dan Idul Adha, waktunya mulai tengah malam. Shalat Istisqo.

macam-macam mandi sunnah yang jumlahnya ada 17

Mandi shalat gerhana bulan dan gerhana matahari, setelah memandikan jenazah (baca juga: cara memandikan jenazah). Orang kafir yang masuk islam apabila tidak junub saat kafir atau tidak haid. Namun jika junub atau haid, maka harus mandi setelah masuk Islam. Mandinya orang gila dan pingsan apabila telah sadar dan dipastikan tidak keluar sperma. Jika keluar sperma maka keduanya harus mandi. Ketika hendak ihram, memasuki Mekah, wukuf di Arafah pada tanggal sembilan Dzulhijjah. Karena mabit di muzdalifah.

Syekh Abu Syuja menjelaskan dalam kitabnya fathul qorib mengenai macam-macam mandi sunnah

Mandi ketika akan melempar tiga jumrah pada hari tasyrik, maka setiap harinya mandi 1 kali. Karena mabit di muzdalifah. Mandi untuk tawaf, baik thawaf qudum, ifadah dan tawaf Wada.

Tanya jawab seputar mandi sunnah

Apa dalil mandi sunnah?

Artinya: “Bagi setiap muslim untuk mandi dalam setiap 7 hari sehari yang membasuh kepala dan tubuhnya. Hadits Riwayat Bukhari Muslim.

Aisyah r.a.berkata: Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mandi karena 4 hal, yaitu janabah, mandi hari Jumat, mandi pembekaman dan memandikan mayat. Hadis Riwayat Abu Daud.

Apa batasan yang membedakan antara mandi wajib dan mandi sunnah?

Ketika sebabnya terdahulu, maka mandi wajib namun jika belakang mereka mandi sunnah. Hasyiah Syekh Sulaiman Jamal

Apakah bagi perempuan yang mengikuti salat Jumat juga sunah mandi?

Ya, tetap sunnah mandi. Nihayatul Muhtaj

Apakah mandi hari raya sunnah hanya bagi orang yang melaksanakan salat Idul Adha atau Idul Fitri?

Tidak karena tujuan dari mandi hari raya adalah berkumpul dan berhias, maka bagi siapa saja baik mengikuti shalat idul fitri atau Idul Adha atau tidak dalam keadaan haid sekalipun tetap sunnah mandi. Hasiah Syekh Sulaiman Jamal

Kenapa masuk mandi sholat idul Fitri & Idul Adha adalah tengah malam berbeda dengan mandi salat Jumat yang masuk setelah terbitnya Fajar?

Karena masih adanya pengaruh mandi tersebut terhadap salat idul fitri atau Idul Adha, sebab waktunya Tidak berselang lama di samping itu bila tidak diperkenankan sebelum fajar sempit waktunya sehingga akan Tertinggal untuk segera melaksanakan salat Idul Fitri dan Idul Adha. Hasiah Syekh Sulaiman Jamal

Kapan masuknya waktu mandi shalat gerhana dan salat Istisqo?

Mandi salat gerhana sunnah sejak terjadinya gerhana sampai pulih kembali. Sedangkan mandi shalat Istisqo sunah ketika akan melaksanakannya (bagi yang shalat sendirian), dan jika berjamaah, maka waktunya masuk sejak berkumpulnya manusia sampai selesainya pelaksanaan shalat istisqo.

Kenapa setelah memandikan mayat sunnah mandi?

Karena berdasarkan hadis nabi: “Barang siapa memandikan mayat hendaknya ia mandi dan barangsiapa yang membawanya maka hendaknya ia berwudhu. Hadits Riwayat Turmudzi.

Kenapa sunah mandi bagi non muslim yang masuk Islam?

Karena sebagai bentuk pengagungan terhadap agama Islam. Hasyiyah bujairomi

Apa saja mandi sunnah selain yang telah dijelaskan pada kitab Fathul Qorib
Baca juga:  Terjemah Fathul Qorib Bab Menyamak

Karena baligh dengan umur, mandi karena keluar dari Pemandian air hangat, mandi setelah pembekaman, mandi setelah mencabut bulu ketiak. mencukur kumis dan memotong bulu di bawah perut, mandi setiap malam bulan Ramadhan, mandi untuk masuk tanah Haram Mekah dan Madinah, mandi di lembah ketika mengalir, mandi untuk adzan, mandi ketika mau masuk mesjid, mandi setiap akan berkumpul untuk selain kemaksiatan.

Tinggalkan Balasan