Tata Cara Sholat Taubat

Diposting pada

Tata cara sholat taubat – Manusia adalah adalah tempatnya salah dan lupa. Tidak bisa di pungkiri setiap hamba Allah pasti pernah melakukan dosa, baik itu kecil atau besar. Jika semua itu sudah terjadi, maka segeralah bertaubat kepada Allah dan melaksanakan sholat taubat.

Rasul memperintahkan umatnya untuk segera bertobat.

عَجِّلوا بالتَّوْبَةِ قَبْلَ المَوْتِ وَعَجِّلُوا بالصَّلاةِ قَبْلَ الفَوْت

Artinya: “Segeralah beratubat sebelum mati dan segeralah sholat sebelum terlambat.

tata cara sholat taubat
https://pngtree.com/freepng/hand-drawn-cartoon-ramadan-prayer-plant-illustration_5351143.html

Keutamaan Taubat

Banyak keutamaan yang bisa didapat apabila bertaubat. Imam nawawi berkata dalam kitab Nihayatuzain. Apabila taubat yang dilakukan seseorang itu benar, maka secara pasti taubat tersebut akan melebur semua dosa yang telah dilakukan, meskipun dosa nya besar seperti kufur.

Keutamaan lain dari taubat:

– Kembali Suci

Nabi Muhammad bersabda;

“Orang yang bertaubat dari dosanya itu seperti orang tanpa dosa sama sekali. Dan orang yang meminta ampun dari dosanya sedangkan dia masih tetap menjalankan dosanya, bagaikan orang yang mentertawakan Tuhannya”.

– Dicintai Allah

Orang yang bertaubat secara benar dan merasa menyesal terhadap dosanya, serta berjanji tidak akan melakukan dosa yang sama akan dicintai oleh Allah s.w.t

Nabi bersabda:

مَا مِنْ شَيْءٍ أَحَبُّ إلى الله تَعَالَى مِنْ شَابٍّ تَائِبٍ وَمَا مِنْ شَيْءٍ أَبْغَضُ إلى الله تَعَالى مِنْ شَيْخٍ مُقِيمٍ عَلَى مَعَاصِيهِ

Artinya: “Tidak ada sesuatu yang lebih dicintai oleh Allah ta’ala daripada anak muda yang bertaubat. Dan tidak ada sesuatu yang lebih dibenci oleh Allah daripada orang tua yang tetap menjalankan maksiat”.

 

Tata cara sholat taubat

Seperti shalat pada sunnah pada umumnya, shalat sunnah taubat dikerjakan dua rakaat dengan niat sholat taubat.

  1. Takbiratul ihram disertai dengan niat sholat taubat dalam hati
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca surat Al-fatihah, lalu membaca surat
  4. Rukuk, lalu membaca tasbih tiga kali
  5. I’tidal dan membaca doa i’tidal
  6. Sujud pertama lalu membaca tasbih
  7. Duduk diantara dua sujud
  8. Sujud kedua dan membaca tasbih
  9. Bangkit (berdiri) untuk melaksanakan rakaat kedua.

Untuk rakaat kedua sholat taubat, bacaan dan gerakannya sama dengan rakaat pertama. Namun, setelah sujud kedua langsung duduk tasyahud, lalu membaca tasyahud dan di tutup dengan salam.

Waktu taubat seperti sholat istikharah yaitu bisa dilaksanakan baik itu di siang hari atau malam hari.

Baca juga: tata cara sholat istikharah

Sholat taubat dilaksanakan ketika seseorang melakukan dosa. Sholat taubat bisa dilaksanakan baik sebelum taubat atau setelah taubat. Sebelum melaksanakan taubat alangkah baiknya mandi taubat terlebih dahulu.

Niat sholat taubat

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ

Artinya: “Saya niat sholat sunat taubat”.

Setelah selesai melaksanakan shalat taubat, hendaklah duduk dan memperbanyak doa setelah sholat taubat.

Doa setelah sholat taubat

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbanā zhalamnā anfusanā. Wa illam taghfir lanā wa tarhamnā, lanakūnanna minal khāsirīna.

Artinya, “Wahai Tuhan kami, kami telah menganiaya diri sendiri. Jika Kau tidak mengampuni dan menyayangi kami, niscaya kami termasuk hamba-Mu yang merugi,” Surat Al-A‘raf ayat 23.

اَللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا, وَلَا يَغْفِرُ اَلذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ, فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ, وَارْحَمْنِي, إِنَّكَ أَنْتَ اَلْغَفُورُ اَلرَّحِيمُ

Allāhumma innī zhalamtu nafsī zhulman katsīran (tercatat “kabīran” pada sebagian riwayat), wa lā yaghfirud dzunūba illā anta, faghfir lī maghfiratan min ‘indika, warhamnī, innaka antal ghafūrur rahīmu.

Artinya, “Tuhanku, sungguh aku telah menganiaya diri sendiri dengan penganiayaan yang banyak (sebagian riwayat ‘yang besar’). Tiada yang dapat mengampuninya kecuali Engkau. Anugerahkanlah ampunan dari sisi-Mu. Rahmatilah aku. Sungguh, Kau maha pengampun, lagi maha penyayang,” HR Bukhari dan Muslim.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطِيْئَتِي وَجَهْلِي، وَإِسْرَافِي فِي أَمْرِي، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي جِدِّي وَهَزْلِي؛ وَخَطَئِي وَعَمْدِي؛ وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِي، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي، أَنْتَ المُقَدِّمُ، وَأَنْتَ المُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allāhummaghfir lī khathī’atī wa jahlī, wa isrāfī fī amrī, wa mā anta a‘lamu bihī minnī. Allāhummaghfir lī jiddī wa hazlī, wa khatha’ī wa ‘amdī. Wa kullu dzālika ‘indī. Allāhummaghfir lī mā qadamtu wa mā akhkhartu, wa mā asrartu, wa mā a‘lantu, wa mā anta a‘lamu bihī minnī. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru, wa anta ‘alā kulli syai’in qadīrun.

Artinya, “Tuhanku, ampunilah kekeliruan dan kebodohanku, kelewatanbatasku dalam sebuah hal, dan dosaku yang mana Kau lebih tahu dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku dalam serius dan gurauanku, kekeliruan dan kesengajaanku. Apa pun itu semua berasal dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku yang terdahulu dan terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan kunyatakan, dan dosa yang mana Kau lebih tahu dariku. Kau maha terdahulu. Kau maha terkemudian. Kau maha kuasa ata segala sesuatu,” (HR Bukhari dan Muslim).

Demikian artikel singkat tentang tata cara sholat taubat. Semoga dosa kita di ampuni oleh Allah s.w.t. Amiiin.

Wallahu A’lam.

Tinggalkan Balasan