Tata Cara Sholat Tahajud

Diposting pada

Tata cara sholat tahajud – Setelah Allah S.W.T memerintahkan seluruh kaum muslim melaksanakan shalat fardhu lima waktu, Allah juga memerintahkan untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud agar hamba-Nya senantiasa mendekatkan diri kepada Allah. Karena pada dasarnya, seluruh waktu harus digunakan untuk beribadah kepada-Nya.

Salahsatu waktu utama untuk mendekatkan diri kepada Allah yaitu sepertiga malam dengan melaksanan shalat tahajud.

Maka dari itu, artikel ini akan berfokus pada panduan tata cara sholat tahajud dan doa sesudah sholat tahajud.

tata cara sholat tahajud

Tata cara sholat tahajud

Shalat tahajud adalah shalat yang khusus dilaksanakan pada malam hari setelah terbangun dari tidur. Adapun shalat sunnah yang dikerjakan sebelum tidur, maka shalat tersebut bukanlah sholat tahajud, melainkan shalat qiyamul lail (sholat malam).

Cara sholat tahajud sama seperti sholat pada umumnya, yaitu di awali dengan takbiratul ihram dan di akhiri dengan salam.

  1. Takbiratul ihram beserta niat sholat tahajud dalam hati
  2. Membaca surat Al-fatihah
  3. Membaca surat
  4. Rukuk lalu membaca tasbih tiga kali
  5. I’tidal dan membaca doa i’tidal
  6. Sujud pertama
  7. Duduk diantara dua sujud
  8. Sujud kedua
  9. Bangkit (berdiri) untuk melaksanakan rakaat kedua.

Untuk rakaat kedua, gerakan dan bacaanya sama dengan rakaat pertama. Setelah sujud kedua pada rakaat kedua lalu duduk tasyahud, membaca doa tasyahud. Setelah itu tutup dengan salam.

 

Waktu sholat tahajud

Jam sholat tahajud dilaksanakan pada malam hari setelah melaksanakan shalat isya’ sampai fajar shadiq. Waktu tahajud berakhir sampai masuk waktu sholat shubuh. Jika sebagian raka’at tahajud masuk waktu shubuh, maka tetap dihukumi tahajud dan mendapat pahala melaksanakan tahajud.

Apabila shalat tahajud tidak di laksanakan, maka sunnah meng-qadha nya dan tetap mendapatkan pahala tahajud.

Waktu paling utama mengerjakan shalat tahajud adalah akhir malam (Jam 1 s/d 3). Hal ini berdasarkan hadits nabi Muhammad s.a.w.

Setelah sholat tahajud, jangan lupa untuk melaksanakan shalat witir. Karena sholat witir merupakan penutup dari shalat-shalat malam.

Baca juga: tata cara sholat witir

Jumlah rakaat sholat tahajud

Sholat tahajud minimal dilaksanakan dua rakaat berdasarkan kesepakatan ulama ahli fiqih. Sedangkan untuk jumlah maksimal rakaat nya, ulama berbeda pendapat.

  1. Hanafi berpendapat 8 rokaat.
  2. Imam Maliki adalah 10 atau 12 rakaat.
  3. Imam Syafi’i dan hambali adalah tidak ada batasan untuk jumlah maksimal rakaat nya.

Apabila shalat tahajud dikerjakan lebih dari dua rakaat, maka setiap dua rakaat dipisah dengan salam.

Bacaan niat sholat tahajud

Setiap amal ibadah yang kita kerjakan harus disertai dengan niat agar ibadah kita mendapatkan pahala dari Allah s.w.t. Niat shalat tahajud :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillāhi ta‘ālā. 
Artinya: “Aku menyengaja shalat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah s.w.t.”

 

Doa sesudah sholat tahajud

Setelah shalat tahajud sebaiknya jangan beranjak dari tempat shalat. Duduklah sejenak untuk memanjatkan doa kepada Allah. Karena doa tahajud tidak kalah pentingnya dari shalat tahajud itu sendiri.

Doa tahajud Rasulullah saw ini berisi pujian, pengakuan dan sekaligus permohonan ampunan dari Allah. Berikut adalah doa sesudah sholat tahajud.

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِالله

 

5 Keutamaan sholat tahajud

Shalat malam atau shalat tahajud memiliki keutamaan yang sangat besar sehingga menjadi sangat penting bagi orang-orang yang menginginkan kesempurnaan iman.

Pertama, shalat malam adalah shalat paling utama setelah shalat maktubah (lima waktu).  Nabi bersabda.

Artinya: “Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Shalat paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam” (HR Muslim).

Kedua, keutamaan shalat malam jika dibandingkan dengan shalat siang ibarat keutamaan sedekah yang dilakukan secara rahasia dibandingkan dengan sedekah yang dilakukan secara terbuka di depan umum. Perbedaan perbandingan antara keduanya adalah 70 kali lipat. Kata-kata Nabi

Artinya: “Keutamaan shalat malam dibandingkan dengan shalat siang seperti keutamaan sedekah dibandingkan dengan sedekah terbuka. (Hilyatul Auliya ‘,

Ketiga, shalat malam adalah ibadah yang merupakan ciri khusus orang-orang saleh. Berbeda dengan ibadah-ibadah lain yang biasa dilakukan masyarakat pada umumnya. Misalnya sedekah.

Sedekah adalah ibadah yang baik, namun sedekah biasanya dilakukan oleh orang yang shalih, preman, bahkan non muslim, semuanya bisa melakukan sedekah. Begitu pula solidaritas, saling membantu dan ibadah lainnya, bisa dilakukan oleh siapa saja.

Berbeda dengan shalat malam, dapat dikatakan hanya dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar shaleh. Karena itu adalah bagian dari ibadah yang tidak populer.

“Kamu harus melaksanakan shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang shalih dihadapanmu, dan memang shalat malam mendekatkan diri dengan Allah, dan mencegah dari dosa, menghilangkan kesalahan, dan mengusir penyakit dari tubuh.” (Sunan At-Tirmidzi: 3549)

Keempat, Allah bangga dengan hamba-Nya yang melaksanakan shalat tahajud kepada para malaikat.

Dalam sebuah atsar disebutkan:

Artinya: “Sesungguhnya Allah membanggakan kepada para malaikat ketika hamba itu berdiri meninggalkan tempat tidurnya dan keluarganya untuk berdoa dan Allah menerima hamba itu.”

Kelima, semua doa kebaikan yang diucapkan pasti dikabulkan oleh Allah. Rasulullah bersabda;

Artinya: “Sungguh, pada malam ada saatnya jika seorang Muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan dunia dan akhirat, Allah pasti akan memberikannya. Dan waktu itu sepanjang malam. ”(HR Muslim)

Alasan sulit mengerjakan tahajud

Diantara penyebab sulit melaksanakan shalat malam atau tahajud ada 4:

  • Menganggap penting urusan dunia dan lalai hiruk pikuk akhirat.
  • Sibuk berbicara tentang dunia dan berbicara yang tidak berguna bahkan batil dan banyak gaduh.
  • Terlalu sibuk dan lelah dengan pekerjaan yang berat di siang hari.
  • Kebanyakan makan sehingga mudah mengantuk dan tidur.

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan