Tata Cara Sholat Istikharah dan Niat serta Doanya

Diposting pada

Tata Cara Sholat Istikharah – Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita dihadapkan dengan dua pilihan atau lebih serta merasa ragu ketika memutuskan suatu hal.

Maka dari itu, sebagai seorang muslim, hendaklah meminta petunjuk kepada Allah s.w.t dengan cara melaksanakan sholat istikharah. Karena Allah ialah dzat yang maha tahu akan segala sesuatu yang terbaik bagi kita.

Setelah sholat istikharah dilaksanakan, kita belum tentu mendapatkan petunjuk melalui mimpi saja. Ada banyak cara bagi Allah dalam memberikan petunjuk kepada kita.

Namun pada intinya, sholat istikharah juga merupakan salahsatu bentuk taqorrub seorang hamba kepada tuhannya.

tata cara sholat istikharah
sumber: https://thumbs.dreamstime.com/

Keutamaan Sholat Istikharah

Apabila kita mengalami keragu-raguan dalam memilih/memutuskan suatu urusan, baik itu urusan jodoh, bisnis, tempat tinggal, pekerjaan. Maka segera lah laksanakan shalat istikharah meminta yang terbaik dari Allah s.w.t.

Nabi Muhammad bersabda yang diriwayatkan oleh Sahabat Anas bin Malik RA:

مَا خَابَ مَنْ اِسْــــتَــــخَارَ وَلَا نَدَمَ مَنْ اِسْتَشَارَ وَلَا عَالَ مَنْ اِقْتَصَدَ

Artinya: “Orang yang selalu melaksanakan shalat istikoroh, maka ia tidak akan kecewa. Orang yang selalu bermusyawaroh, maka ia tidak akan menyesal. Orang yang hemat, maka tidak akan mengalami kekurangan dalam kehidupannya.”

Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh sahabat Sa’d bin abi Waqos RA :

 مِنْ سَعَادَةِ ابْنِ آدَمَ اِسْتَخَارَتُهُ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya: “Sebagian dari tanda-tanda keberuntungan anak Adam adalah memohon kepada Allah s.w.t untuk dipilihkan yang terbaik dengan melaksanakan sholat istikhoroh”.

Ahli hikmah berkata;

وَمَنْ أُعْطِيَ الْاِسْتِخَارَةَ لَمْ يُمْنَعِ الْخَيْرَ

Artinya: “Barang siapa yang telah diberi taufiq dan hidayah untuk bisa mengerjakan sholat istikhoroh, pasti akan mendapatkan yang terbaik baginya.” (Kitab Ihya’ Ulumuddin)

Sebelum melaksanakan sholat istikharah, alangkah baiknya kita musyawarahkan terlebih dahulu hajat tersebut kepada kiai, orang tua atau kepada teman yang terpercaya.

 

Tata Cara Sholat Istikharah

Berbeda dengan sholat dhuha, sholat istikharah boleh dilaksanakan pada siang atau malam hari. Akan tetapi pada malam hari lebih utama.

Berikut adalah tata cara shalat istikharah:

  • Niat bersamaan dengan takbiratul ihram

niat sholat istikharah dua rakaat

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Ussoli sunatal isikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala.
Artinya: Aku berniat shalat istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala.

  • Membaca surat Al-fatihah lalu membaca surah Al-kafirun
  • Rukuk lalu membaca tiga kali tasybih
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal
  • Sujud dua kali
  • Berdiri
  • Membaca Al-fatihah lagi (rakaat kedua)
  • Membaca surat Al-ikhlas
  • Rukuk dan membaca tasbih
  • I’tidal
  • Sujud dua kali
  • Tahiyat akhir lalu salam.

Sesudah salam, ditutup dengan doa shalat istikharah.

 

 

Doa Setelah Sholat Istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -Sebutkan Hajatnya- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang terbaik kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu. Dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung.

Sesungguhnya Engkau maha kuasa, sedang aku tidak kuasa. Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahui dan Engkau adalah Maha mengetahui hal yang ghaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan hajatnya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya pada diriku, sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah keberkahan.

Namun apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya pada diriku, maka singkirkan persoalan ini dan jauhkan aku daripadanya. Takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada. Kemudian berilah keridhaan-Mu kepadaku.” Walahu’alam.

Setelah mengerjakan shalat istikharah, biasanya akan timbul rasa tenang di dalam hati dan mantap terhadap salah satu alternatif yang ada. Bisa juga hasil dari istikharah diketahui melalui mimpi, lewat isyarat-isyarat atau dengan simbol-simbol tertentu. Apabila masih ragu, silahkan ulangi shalat istikharah dua atau tiga kali.

Demikian artikel tentang tata cara sholat istikharah lengkap dengan niat sholat istikharah dan doa setelah sholat istikharah

Walahu’alam.

Tinggalkan Balasan