Download Terjemah Matan Ghayah Wa Taqrib Pdf

Diposting pada

Download Terjemah Matan Ghayah Wa Taqrib Pdf – Para santri mungkin sudah familiar dengan hadits di atas. Meskipun mereka tidak membacanya secara langsung dalam kitab Shahîhain, hadits tersebut pasti ditemukan di awal kitab Matan al-Ghayah wa at-Taqrîb karya al-Qâdhi Abu Syuja’, yang mereka pelajari setiap hari di pesantren.

Buku ini mengulas tentang dasar-dasar hukum Islam atau yang sering disebut dengan ilmu fiqih. Ilmu fiqih dapat dipelajari dalam setiap kurikulum lembaga pendidikan Islam, baik pondok pesantren di Indonesia, maupun lembaga lainnya di seluruh dunia.

Hal itu dikarenakan ilmu fiqih merupakan ilmu yang sangat penting. Ini menyangkut perilaku atau tindakan setiap orang yang telah mengambil tanggung jawab hukum (mukallaf).

Penyusun Kitab Matan Ghayah wa Taqrib

Buku ini disusun oleh Syekh Ahmad bin Husain bin Ahmad Al-Asfihâni atau dikenal dengan al-Qâdhi Abu Syuja’ (433-593 H).

Dalam beberapa mushaf kitab ini disebut “Matan Taqrib”, dan dalam beberapa mushaf lainnya disebut “Ghayatul Ikhtishar”, oleh karena itu Syekh Ibn Qâsim al-Ghâzi memberi dua nama untuk kitab syarah Taqrib yang ditulisnya: Fathul Qarîb al-Mujîb fî Sharh Alfâdz at-Taqrîb dan Al-Qawl al-Mukhtâr fî Syarh Ghâyah al-Ikhtishâr

Sesuai dengan namanya, buku ini adalah sangat terorganisir dengan baik. ringkas, bahasanya tidak terlalu sulit, tidak banyak mengandung perbedaan pendapat.

Latar Belakang Penyusunan Kitab Ghayah Wa Taqrib

Penyusunan buku ini dilatarbelakangi oleh permintaan beberapa sahabat al-Qâdhi Abu Syuja’, agar berkenan menyusun kitab fiqih dari madzhab Imam Syafi’i yang ringkas, mudah dihafal, dan mudah untuk dicerna secara sistematis, terutama bagi siswa pemula.

Kemudian dia mengabulkan permintaan itu dan menyusun Matan Ghayah Wa Taqrib. Penulis buku ini berdoa agar Allah ta’ala membalasnya dengan pahala, dan memberinya taufik kepada kebenaran, karena sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas apa yang Dia kehendaki dan Maha Lembut dan Maha Mengetahui hamba-hamba-Nya.

Usia Kitab

Matan Ghayah Wa Taqrib berusia ratusan tahun. Namun masih eksis sampai sekarang, tidak hanya dipelajari oleh santri tetapi juga diberikan syarah (penjelasan isi kitab) oleh banyak ulama. Kemudian dari syarah, ulama lain memberikan hasyiah (penjelasan syarah), bahkan sebagian ulama lain menjadikannya nadham atau uraian dalam bentuk puisi.

Syarah Ghayah Wa Taqrib

Di antara syarah Matan Taqrîb adalah

  1. Fathul Qarîb al-Mujîb oleh Ibn Al-Qasim al-Ghâzi
  2. Kifâyatul Akhyâr fî Halli Ghâyatu al-Ikhtishâr oleh al-Hishni
  3. an-Nihâyah fî Syarh Al-Ghâyah karya Muhammad Waliyuddin Al-Bashiri
  4. al-Iqnâ’ fî Halli Alfâdzi Abî Syujâ’ karya Al-Khâtib As-Syirbini

Syarah matan Taqrib diberi nama hasyiah atau tafsir atas penjelasan para ulama, di antaranya adalah;

  1. Hasyiah al-Barmawi ‘ala Syarh Ibn Qasim oleh al-Barmawi
  2. Hasyiah Al-Baijuri ‘ala Syarh Ibn Qasim al-Ghazi oleh Syekh Ibrahim al- Baijuri
  3. Qûtul Habib Al-Gharîb Tawsyîh ‘ala Fathil Qarîb al-Mujîb oleh Syekh Nawawi Al-Bantani.

Juga sebagian ulama membuatnya dalam bentuk nadhom, salah satunya adalah karya Syekh Syarafuddin al-‘Imrîthy, Nihâyah at-Tadhrib fî Nadhmi Ghâyah at-Taqrîb.

Pembahasan Kitab

Matan Taqrib berisi 17 pembahasan (kitab), di dalamnya terdapat bab. Secara berurutan kitab ini diawali dengan pembukaan dari al-Qâdhi Abu Syuja’ lalu membahas tentang rukun wudhu dan diakhiri dengan membahas Ummu Walad.

Link Download

Download Kitab Ghayah Wa Taqrib Pdf

Download Terjemah Matan Ghayah Wa Taqrib Pdf

Sumber: https://www.nu.or.id/library/menenal-kitab-taqrib-buku-obligatory-santri-jual-fiqih-dasar-d3uun

Tinggalkan Balasan